4 Gerakan Aman untuk Memperkuat Otot-Otot Bayi

Anda perlu melatih kekuatan otot bayi yang utama yaitu pada bagian leher, punggung, tangan, dan kakinya. Kekuatan otot bayi ini akan mempengaruhi perkembangannya dari pandai duduk, merangkak, hingga berjalan. Anda tentu menginginkannya berkembang dengan optimal. Berikut ini tips parenting tentang gerakan yang aman untuk dapat memperkuat otot bayi.

  1. Tengkurap

Mengajari bayi Anda melakukan gerakan tengkurap berguna untuk membangun otot-otot pada bagian leher, bahu, punggung, lengan, dan perutnya. Anda bisa melakukan ini setelah bayi Anda telah berusia satu bulan dan tidak perlu lama cukup dalam waktu 3 sampai menit.

Melakukan gerakan tengkurap juga menjadi langkah merilekskan tubuhnya yang lama telentang.  Anda bisa melakukan ini secara rutin setiap selesai mandi saat akan memasangkannya baju sambil memberikan bedak atau pun minyak hangat pada bagian punggungnya.

  1. Sit Up

Ketika bayi Anda telah berusia tiga bulan Anda bisa melakukan gerakan ini dengan perlahan dan lembut yaitu gerakan sit up. Cara melakukan gerakan ini dengan menarik bayi Anda yang sedang tertidur hingga menjadi posisi duduk. Dari posisinya telentang hingga menuju ke arah Anda.

Gerakan ini akan menguatkan otot-ototnya dan juga merangsang bayi agar segera pandai duduk. Gerakan ini berfungsi juga untuk menjaga kepala bayi Anda bergerak sejalan dengan tubuhnya yang berfungsi melatih keseimbangan pada bayi. Tips parenting ini dapat Anda lakukan secara rutin pada pagi hari saat bayi Anda bangun tidur.

  1. Gerakan Angkat Beban

Latihan ini dapat Anda lakukan pada bayi dengan memberikannya mainan yang ringan, lembut, dan tidak melukainya. Gerakan ini dapat Anda lakukan pada bayi yang telah berusia 6 bulan. Anda juga dapat mengajarinya dengan memegang botol susu. Gerakan ini dapat Anda lakukan berulang sekaligus menjadi ruang untuk bayi Anda bermain.

Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat kemampuan menggenggam pada bayi, meningkatkan kekuatan otot bahu, lengan, dan tangannya. Serta berfungsi untuk melatih koordinasi tangan dan matanya. Tingkatkan ukuran benda yang dipegang sesuai dengan usia dan kemampuan bayi Anda.

  1. Gerakan Kaki seperti Sepeda

Selanjutnya melakukan gerakan seperti mengayuh sepeda yang berfungsi untuk perkembangan otot kaki, lutut, dan otot perutnya. Lakukan gerakan ini di atas kasur saat bayi Anda telentang kemudian Anda gerakan kakinya dengan lembut.

Anda dapat melakukannya tiga hingga lima kali gerakan secara berulang hingga 5 menit. Lakukan gerakan ini sambil memanggil namanya, tersenyum, dan bermain tertawa dengannya. Anda bisa mengajaknya bicara untuk melatih kemampuannya mendengar.

Jika tips parenting ini tidak memberikan perubahan yang signifikan pada perkembangan otot bayi Anda. Padahal sudah dilakukan dengan rutin setiap harinya. Maka Anda sebaiknya membawa bayi Anda untuk dilakukan pemeriksaan agar mengetahui faktor penyebabnya dan dapat mengatasinya lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*