Cara Menyambung Pipa Sambungan Pipa agar Tidak Mudah Bocor

Teknik menyambungkan pipa yang salah juga memicu terjadi kebocoran pada pipa. Agar tidak terjadi kebocoran, gunakan sambungan pipa yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah cara menyambungkan pipa saluran pipa air agar tidak mudah terjadi kebocoran.

  1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah persiapkan alat dan bahan yang  diperlukan dalam proses penyambungan pipa. Peralatan yang diperlukan seperti pipa air, amplas, lem, sambungan untuk pipa, dan kain bersih.

  1. Pilihlah Material dengan Kualitas yang Baik

Setelah melalukan langkah di atas, Anda harus perhatikan kualitas material yang Anda gunakan. Untuk lem perekat, gunakan lem yang kuat dan tahan lama. Sedangkan untuk sambungannya, Anda harus memilih sambungan yang yang lebih keras dari bada pipa untuk mengurangi risiko terjadinya kebocoran.

  1. Lakukan Pengamplasan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah lakukan pengamplasan pada ujung  pipa yang akan disampung. Pengamplasan bertujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pasa pipa. Selain itu pengamplasan bertujuan agar ujung pipa menjadi lebih kasar dan kesat saat penyambungan. Jangan mengamplas pipa terlalu lama pada pipa yang berukuran kecil.

Baca Juga : Teknik Penyambungan Pipa Air yang Tepat dan Aman

  1. Mengelap Bagian Ujung Pipa

Sebelum melakukan penyambungan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengelap bagian ujung pipa. Banyak debu dan kotoran yang menembel pada pipa setelah pengamplasan. Pastikan pipa Anda bersih dari debu dan kotoran agar lem bisa menempel dengan sempurna pada proses selanjutnya.

  1. Oleskan Lem pada Ujung Pipa

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pengeleman. Oleskan lem pada bagian bawah dan atas ujung pipa, serta pada bagian sambungan untuk pipa. Segera rekatkan kedua pipa tersebut dan tekan dengan sekeras mungkin agar pipa menepel dengan sempurna. Jangan lupa untuk memastikan bahwa sambungan yang Anda gunakan lebih kuat dari badan pipa.

Di atas merupakan cara menyambung pipa agar saluran air tidak mudah terjadi kebocoran. Jika Anda sedang mencari pipa maupun sambungan pipa dengan kualitas yang terjamin, rucika.co.id solusinya. Rucika.co.id menyediakan berbagai jenis yang berkualitas.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*