Jenis-Jenis Alat yang Diperlukan Teknisi untuk Cuci AC

Seorang teknisi AC yang profesional harusnya memiliki peralatan yang digunakan untuk cuci AC. Nah apakah Anda ingin memiliki peralatan yang digunakan teknisi profesional namun Anda belum mengenali nama-namanya? Yuk simak artikel ini tentang peralatan yang diperlukan untuk merawat AC.

  • Thermometer

Thermometer pengukur suhu ini memiliki sistem kerja berdasarkan efek pemuaian dan penyusutan oleh air raksa. Bagi seorang teknisi biasanya menggunakan thermometer digital untuk mempermudah saat pengukuran suhu.

  • Jet Pump

Jet pump sering disebut dengan mesin steam bertekanan tinggi. Fungsi dari jet pump adalah untuk mencuci AC bagian indoor atau bagian evaporator dan outdoor atau pada bagian kondensor.

  • Plastik Steam AC

Alat yang satu ini terlihat seperti plastik cor. Plastik ini berfungsi untuk mengalirkan air bekas cucian dari AC yang kotor terkena debu agar tidak ke lantai, bahkan ke dinding rumah Anda.

  • Ember atau Bak Air

Ember dan bak air sering kita temui, bahkan Anda pastinya memiliki ember di rumah. Fungsi dari ember di sini adalah menampung bekas cucian AC ketika seorang teknisi sedang membersihkan bagian lain.

  • Dental Mirror

Alat yang satu ini biasanya disebut dengan cermin kaca. Alat ini berfungsi untuk memeriksakan hasil dari tindakan pengelasan pipa. Bisa pula dikatakan membantu mencari bagian yang mengalami kebocoran yang sulit ditemukan. Selain itu dental mirror juga dilengkapi lampu senter pada ujungnya yang bisa di-charge saat baterai lampu habis.

  • Gauge Manifold

Alat ini digunakan untuk mengukur tekanan pada refrigerant atau freon dalam pendingin AC. Hanya menggunakan alat ini sudah bisa melihat tekanan pada evaporator, dan tekanan kondensator.

  • Pompa Vakum

Fungsi dari pompa vakum adalah mengosongkan refrideran dari sistem pendingin sehingga gas-gas yang tidak terkondensasi hilang. Hal ini dilakukan agar mesin refrigerasi tidak terganggu saat bekerja. Jika di dalam AC refrigerator atau pendingin terlalu berlebihan uap, maka ha tersebut akan memperpendek umur filter dan akan menyebabkan penyumbatan pada sisi tekanan rendah pada bagian kutup ekspensi.

  • Tang Amperemeter

Seperti halnya amperemeter yang berfungsi untuk mengukur arus. Tang amperemeter ini pun sama gunanya, yaitu mengukur besar arus dan tegangan pada sebuah AC yang akan diukur arus serta tegangannya.

  • Brander

Brander ini lebih sering kita dengar dengan las. Las berfungsi untuk menembel dan melepas sambungan pipa pada sistem pendingin AC refrigator. Untuk menyambung sambungan digunakan timah atau perak.

  • Leak Detektor

Leak detektor adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi kebocoran dengan cara konvensional yaitu dengan mendeteksi kebocoran sistem berisi refrigerant serta alat sensor deteksi yang diarahkan pada bagian yang di deteksi terdapat kebocoran. Misalnya pada penghubung sambungan pipa.

  • Pemotong Pipa

Salah satu alat yang digunakan untuk memotong pipa atau yang dikenal sebagai tubing cutter ini digunakan untuk memotong pipa. Tubing cutter ini juga bisa ditukar fungsikan sebagai roda penekan yang tumpul.

  • Pembesar Pipa dan Pengembang Pipa

Alat ini digunakan untuk membesarkan ujung pipa. Supaya 2 pipa yang memiliki ujung diameter yang sama dapat disambungkan dengan solder timah.  Dan pengembang pipa berfungsi untuk mengembangkan ujung pipa agar bisa disambungkan dengan sambungan berulir.

Dari peralatan di atas tentunya memiliki fungsi yang berbeda saat Anda akan cuci AC sendiri di rumah. Namun tentunya akan banyak modal yang dikeluarkan untuk membeli semua peralatan itu. Sejasa.com memiliki teknisi dengan peralatan yang lengkap untuk membantu Anda dalam hal service AC rumah Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*