5 Bahan Alami Yang Dapat Dijadikan Obat Sakit Gigi Yang Aman, Ampuh Dan Murah

Salah satu penyakit yang hampir pernah dialami setiap orang mungkin adalah sakit gigi. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya, sakit gigi menyerang mereka yang kurang merawat gigi, seperti jarang menyikat gigi, suka makan makanan manis serta membiarkan gigi berlubang. Terkadang, sakit gigi bisa terjadi secara mendadak sehingga tidak jarang mengganggu aktivitas harian. Jika saat ini anda sedang mengalami sakit gigi, sementara tidak ada obat sakit gigi  yang tersedia di rumah, lakukan penanganan pertama dengan menggunakan bahan alami seperti berikut ini.

1.      Kompres Dengan Es Batu

Rasa nyeri akibat sakit gigi memang tidak tertahankan. Namun tidak perlu takut, cobalah untuk meredam rasa sakit ini dengan mengompresnya menggunakan es batu. Siapkan es batu secukupnya lalu gunakan kain lap bersih dan lembut untuk membungkus es. Letakkan pada bagian pipi dekat dengan gigi yang terasa sakit. Biarkan selama beberapa menit hingga rasa nyeri berkurang. Efek dingin dari es batu dapat membuat saraf gigi terasa mati rasa untuk sesaat sehingga nyeri dapat dinetralisir.

2.      Kumur Air Garam

Obat sakit gigi alami lainnya yang bisa dicoba saat sedang mengalami sakit gigi mendadak adalah menggunakan air garam. Larutkan sedikit garam dapur pada air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan cara ini secara berulang hingga rasa sakit hilang. Garam dapur bermanfaat membunuh kuman yang mungkin menjadi penyebab dari sakit gigi yang terjadi. Sebelum berkumur, pastikan terlebih dahulu mulut dan gigi dalam keadaan bersih atau tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

3.      Gunakan Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang dipercaya dapat mengatasi sakit gigi adalah bawang putih. Cara ini patut dicoba sebagai obat sakit gigi alami yang mudah dan murah. Jika sakit gigi yang terjadi akibat gigi berlubang, maka ambillah sedikit bawang putih lalu selipkan pada bagian gigi yang berlubang. Biarkan selama beberapa saat. Anda juga bisa mencoba pengobatan dengan bawang putih untuk sakit gigi dengan cara mengunyahknya, hanya saja tidak semua orang tahan dengan bau bawang putih yang menyengat sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk menyelipkan sebagian bawang putih pada daerah gigi yang sakit.

4.      Berkumur Dengan Cuka Apel

Jika enggan merasakan asinnya larutan air garam untuk obat sakit gigi, anda bisa menggantinya dengan larutan cuka apel. Sama halnya dengan air garam, cuka apel juga memiliki khasiat membunuh bakteri. Larutkan sedikit cuka apel pada air, lalu gunakan untuk berkumur. Saat berkumur, tahan larutan cuka pada daerah gigi yang sakit, diamkan selama beberapa menit agar larutan cuka dapat bekerja maksimal dalam membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

5.      Rebusan Daun Jambu

Jika disekitar rumah anda terdapat pohon jambu biji, maka anda dapat menggunakan daunnya sebagai bahan alami untuk mengatasi sakit gigi. Ambil beberapa lembar daun jambu biji, lalu masukkan dalam panci yang sudah terisi air, tambahkan sedikit garam lalu rebus hingga mendidih. Gunakan air rebusan daun jambu biji yang sudah hangat untuk berkumur-kumur. Daun jambu biji memiliki kandungan antiradang, analgesik sekaligus antimikroba yang efektif untuk melawan berbagai penyakit. Ulangi pengobatan ini jika gigi masih terasa sakit.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*