5 Cara Merawat Mobil Matic agar Performa Mesin Tetap Prima

Apa sih istimewanya mobil matic?  Tentu saja ada banyak keistimewaannya. Salah satunya adalah lebih mudah digunakan dan sangat cocok untuk pengendara pemula. Namun, Anda tetap harus merawat dan menjaganya agar mobil matic Anda awet. Cara merawat mobil matic ini tak susah-susah amat, kok! Anda bisa melakukannya secara teratur. Ini dia caranya!

  1. Panaskan Mesin Mobil Sebelum Berkendara

Sebelum Anda berkendara, baiknya panaskan dulu mesin mobil. Hal ini berguna untuk menyesuaikan sudu udara di mesin dan memberikan sirkulasi oli secara merata ke seluruh komponen mobil Anda. Memanaskan mobil juga harus dilakukan dengan benar. Pastikan transmisi mobil netral dan Anda tak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam saat ini.

Anda juga tak perlu memanaskan mobil terlalu lama seperti halnya pada mobil manual. Cukup dengan dua sampai tiga menit saja Anda sudah bisa menjalankan mobil tersebut. Ketika memanaskan mobil, baiknya Anda tak menyalakan AC. Barulah ketika mesin mobil sudah stabil, Anda boleh menyalakan AC-nya.

  1. Pastikan Penggunaan Persneling Sudah Benar

Untuk perawatan mobil matic yang lainnya, ketika berkendara atau mau menghidupkan mobil, baiknya Anda perhatikan dan pastikan posisi persneling sudah benar. Mobil matic baiknya dinyalakan dengan posisi persneling berada di kode P atau N. Tujuannya adalah untuk menghindari tabrakan akibat mobil melaju tiba-tiba ketika dinyalakan.

Selain itu, posisi N dan P ketika mobil dinyalakan juga berguna untuk mencegah mesin mobil mengalami kerusakan. Selain ketika hendak mengendarai, ketika Anda memarkirkan mobil, Anda juga harus pastikan bahwa posisi persnelingnya ada di P. Jangan sampai ada di posisi D karena ini bisa merusak mesin mobil Anda.

  1. Lakukan Uji Jalan pada Mobil

Mobil matic juga memerlukan uji jalan yang bisa Anda lakukan dalam kurun waktu beberapa bulan sekali. Cara merawat mobil matic berguna untuk agar Anda bisa lebih mudah menemukan masalah pada kendaraan Anda. Misalnya saja, bila terdapat suara bising di mobil Anda, itu artinya Anda harus segera bawanya ke bengkel untuk mengecek bagian transmisi.

  1. Ganti Oli Secara Rutin

Agar mesin mobil Anda bisa bekerja dengan maksimal, ada baiknya Anda juga ganti oli transmisi mobil secara rutin. Penggantian oli mesin ini berguna untuk mengurangi gesekan antar komponen dan berguna sebagai pembersih kotoran yang ada di mesin. Satu lagi, oli yang bersih juga berguna untuk pendingin mesin dan pencegah karat.

Itu artinya, oli sangat berperan penting atas keberlangsungan mobil Anda. baiknya, Anda melakukan penggantian oli jika angka kilometer di mobil Anda sudah ada di 50.000 km. Jika sudah ada di angka ini, baiknya Anda segera membawa mobil tersebut ke bengkel untuk penggantian oli.

  1. Servis Secara Rutin

Tentu saja, Anda juga diwajibkan untuk menyervis mobil secara rutin dan berkala. Servis ini berguna untuk menjaga mobil Anda selalu update dan terawat mesinnya. Jadwal servis biasanya telah diberikan di buku panduan awal ketika Anda membeli mobil itu. Jadi, Anda bisa mengikuti jadwalnya saja untuk pastikan bahwa keadaan mobil Anda tidak bermasalah.

Itulah cara merawat mobil matic yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Yup! Memang terlihat mudah. Namun, seringkali banyak orang tidak melakukannya dan membuat umur mobilnya pendek. Anda tak mau mobil Anda cepat rusak, kan? Kalau begitu, lakukanlah perawatan di atas secara berkala agar Anda tak keluar dana berlebih untuk perbaikan.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*