5 Cara Mudah Membasmi Rayap di Rumah Dan Perabotan Berbahan Kayu

Salah satu jenis hewan yang cukup mengganggu keberadaannya jika ada di rumah adalah rayap . Hewan kecil ini tidak hanya bisa menggigit tetapi juga merusak perabotan rumah yang berbahan kayu. Untuk wilayah dengan iklim lembab, memang sangat rentan sekali terserang rayap karena biasanya hewan ini menyukai kondisi yang lembab. Apabila anda memiliki rumah yang dominan bahan kayu atau banyak terdapat jenis perabotan kayu seperti lemari, rak dan lainnya, coba cek secara berkala apakah ada serangan rayap atau tidak. Jika menemukan adanya rayap dan kerusakan yang ditimbulkan masih belum terlalu parah, atasi segera dengan beberapa cara seperti berikut ini:

1.      Jemur Di Bawah Sinar Matahari

Untuk jenis perabotan yang ringan dan tidak terlalu besar ukurannya sehingga masih memungkinkan untuk diangkat, cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rayap yang bersarang di perabotan tersebut adalah dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Efek panas sinar matahari akan membuat rayap menjauh dan juga perabotan yang tadinya mungkin dalam keadaan lembab, jadi lebih kering. Diamkan perabotan selama beberapa jam di bawah sinar matahari hingga rayap benar-benar hilang.

2.      Membuat Perangkap Rayap

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rayap di rumah adalah dengan membuat perangkap rayap dari bahan kardus bekas. Cara ini tergolong mudah dan murah karena hanya perlu memanfaatkan kardus bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Siapkan selembar kardus kemudian beri beberapa tetes air lalu gulung hingga menyerupai pipa. Letakkan pada tempat dimana rayap bersarang, jika rayap mulai terkumpul pada perangkap kardus tadi, angkat dan buang keluar rumah. Lakukan cara ini berulang kali jika dirasa perlu.

3.      Gunakan Perasan Lemon Dan Cuka

Untuk membasmi rayap, anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur seperti lemon dan cuka. Campuran perasan air lemon dan cuka dijadikan semacam ramuan pembasmi rayap yang aman tanpa adanya zat beracun. Gunakan alat penyemprot saat ingin menggunakan campuran air lemon dan cuka saat membasmi rayap pada perabotan atau bagian rumah yang terserang rayap.

4.      Gunakan Minyak Jeruk Dan Minyak Neem

Menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir rayap memang dirasa lebih aman ketimbang memakai bahan kimia beracun karena efeknya bisa saja kembali pada manusia. Itulah kenapa, banyak orang yang lebih suka mencari cara membasmi rayap secara alami. Nah, cara ini bisa anda terapkan juga untuk mengusir rayap, cukup sediakan minyak jeruk atau jika tidak ada, anda bisa memakai minyak neem. Gunakan kapas dan tetesi dengan minyak jeruk secukupnya, oleskan pada bagian dimana terdapat rayap. Kandungan d-limonene pada minyak jeruk bisa jadi semacam pembasmi rayap secara alami. Anda dapat melakukan cara ini secara berturut-turut dan teratur, misalnya seminggu sekali untuk mencegah rayap datang kembali. Jika ingin melakukan pencegahan terhadap timbulnya rayap pada beberapa perabot kesayangan anda, bisa mulai lakukan cara ini pada beberapa titik perabotan yang berpotensi datangnya rayap. Biasanya pada dalam kabinet, laci dan rak adalah bagian dimana rayap senang bersarang.

5.      Diatomaceous Earth

Bahan yang satu ini mungkin sedikit asing bagi anda, namun patut dicoba. Diatomaceous Earth bukanlah bahan kimia beracun, melainkan tanah diatom yang biasa digunakan untuk berkebun. Jika Diatomaceous Earth ini ditaburkan pada sarang rayap, maka dapat membuat rayap dehidrasi hingga mati. Bahan Diatomaceous Earth bisa anda temukan pada toko yang menjual peralatan berkebun.

Itu tadi 5 cara mengatasi rayap di rumah atau perabotan berbahan kayu yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa menarik.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*