5 Resep Masakan untuk Berbuka Puasa yang Lezat dan Praktis

Selama menempuh ibadah puasa, tubuh kita akan membutuhkan asupan nutrisi yang harus dipenuhi saat berbuka dan sahur. Untuk itu kita perlu memenuhi asupan glukosa dan vitamin dengan baik. Berikut ini adalah beberapa resep masakan yang dapat dibuat dirumah yang ada di Umma Ramadhan

Es Semangka Lemon

Kita semua sadar bahwasanya berbuka puasa dengan yang itu-itu saja jauh lebih menyiksa dibandingkan berbuka dengan air putih. Salah satu resep yang akan membuat buka puasa lebih nikmat yaitu es semangka. Kesegaran dari semangka ditambah lemon akan menjadi oasis ditengah padang kering tenggorokan usai berpuasa seharian.

Semangka seperti kita ketahui rasanya manis ditambah lemon yang segar akan menjadi menu yang tepat untuk kita yang berada di perkotaan. Selain mudah di buat es semangka lemon juga dapat kita nikmati bersama keluarga.

Pertama caranya adalah siapkan :

  • Semangka merah
  • Lemon segar
  • Es batu
  • Gula cair

Langkah membuatnya juga simpel Anda hanya perlu mencampurkan seluruh bahan pada gelas. Khusus untuk lemon pergunakan air perasannya saja. Nah, es semangka lemon siap dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Lemon dengan kandungan vit c akan membuat tubuh lebih fit. Semangka dan gula tentu digunakan untuk memenuhi kebutuhan glukosa sehari-hari.

Es Kolak Pisang

Kalau mau bicara soal bulan ramadhan kita tidak bisa melepaskan diri dari yang namanya kolak. Kolak ini sudah menjadi fenomena tahunan yang muncul tiap ramadhan. Tapi jika anda membuat kolak sendiri tentu rasanya akan lebih lezat dan nikmat. Apalagi kalau di tambah es wahh ramadhan belum ramadhan tanpa kolak dan gorengan.

Pertama siapkan :

  • Pisang
  • Kayu manis
  • Madu
  • Gula jawa
  • Santan (selera)

Nah untuk caranya, pertama potong pisang dengan ukuran satu kali makan. Setelah itu rebus di dalam panci bersama kayu manis dan bahan lainya. Gimana? Mudah kan? Kini kolak anda telah siap dinikmati. Pilih pisang yang tidak terlalu muda agar cepat empuk dan tidak terlalu lama waktu masaknya.

Kenapa kita itu menyukai kolak? Tentu karena rasa khas manis dari kolak ini merupakan sesuatu yang tak dapat dilewatkan waktu ramadhan. Pisang mengandung potasium yang akan membuat tubuh kita lebih bugar. Selain itu madu juga dapat menjadi tambahan energi bagi kita. Kolak jika ditambah dengan es, maka itu akan membuat buka puasa kita lebih nikmat.

Es Kelapa Muda

Resep dari Umma Ramadhan ini menjadi salah satu primadona saat puasa. Es kelapa muda selain banyak variannya es ini juga mudah dibuat serta rasanya sangat menyegarkan. Kita bisa tambahkan berbagai macam syrup untuk menambah rasa dari es kelapa muda ini. Baiklah tidak usah basa-basi karena kita harus membuat es kelapa muda untuk berbuka.

Pertama siapkan :

  • Air kelapa muda
  • Syrup (selera)
  • Gula jawa (selera)
  • Gula cair
  • Air jeruk
  • Potongan buah-buahan

Cara membuatnya begitu mudah, anda hanya perlu mencampurkan air kelapa muda dengan.salah satu bahan diatas. Kalau anda suka rasa buah maka dicampur dengan air jeruk ditambah potongan buah-buahan. Cukup dengan cara sederhana itu es kelapa muda sudah bisa menjadi teman yang ideal untuk berbuka puasa.

Air kelapa akan mengembalikan kebutuhan air tubuh. Selain itu campuran buah akan memberikan kebutuhan vitamin tubuh setelah berpuasa seharian. Rasa yang nikmat serta berjuta manfaat, itulah yang membuat es kelapa muda begitu diminati.

Jika anda ingin mencari resep lainya dari Umma Ramadhan maka  kunjungi umma.id atau instal aplikasinya melalui smartphone Anda. Ada beberapa resep rekomendasi yang bisa Anda buat di rumah untuk berbuka puasa.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*