8 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Untuk Pemula

Dengan berkembangnya zaman yang semakin modern ini, tentunya kita selalu dibuat mudah untuk mencari berbagai barang yang dibutuhkan salah satunya adalah perangkat teknologi seperti, komputer, laptop atau smartphone. Bicara soal komputer dan laptop, pastinya kamu perlu memperhatikan lebih teliti lagi biar nggak menyesal dengan barang yang sudah dibeli, apalagi buat kamu yang memang seorang pemula. Maka dari itu, berikut kami rangkum 8 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli komputer untuk pemula. Langsung saja yuk, simak informasinya berikut ini!

  1. Prosesor Intel atau AMD?

Setiap orang tentu memiliki kenyamanan dan ketertarikan  pada setiap penggunaan prosesornya. Ada beberapa yang merasa lebih nyaman mengoperasikan komputer dengan memakai prosesor intel dan ada juga yang lebih menyukai menggunakan prosesor AMD. Kedua prosesor ini sama Рsama terkenal dan memiliki kelebihan serta harga yang sangat bersaing.

Pasalnya banyak orang yang lebih menyukai menggunakan prosesor intel meski harganya terbilang mahal, namun prosesor AMD juga memiliki kemampuan yang tidak kalah dibanding prosesor intel dan harganya juga lebih terjangkau. Itu sebabnya, buat kamu yang seorang pemula sebelum membeli komputer pastikan kamu mengenali zona nyamanmu terlebih dulu. Apakah kamu lebih senang dan nyaman menggunakan prosesor intel atau AMD?

  1. Tentukan RAM

Selain menentukan prosesor yang akan digunakan, memilih RAM juga bukanlah suatu hal yang mudah. Karena setiap komponen komputer yang ada di dalamnya pasti memiliki merek dengan kualitas yang berbeda, sama halnya seperti RAM. Saat ini sudah banyak merk – merk ternama yang menawarkan RAM dengan kualitas bagus dan memiliki harga yang mirip.

Di setiap RAM pasti memiliki kapasitas penyimpanan memori yang berbeda, ada yang memiliki kapasitas sebesar 1GB, 2GB, dan 4GB. Jika semakin besar RAM yang akan kamu gunakan maka semakin bagus pula performa komputer yang kamu beli.

  1. Hardisk

sumber : Shopee.co.id

Selanjutnya hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sebuah komputer adalah memilih media penyimpanannya, yaitu hard disk. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa setiap komputer selalu memiliki komponen dengan harga dan merk yang berbeda termasuk Harddisk. Media penyimpanan ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda dari merek-merek yang sudah terpercaya.

Kalau semakin besar kapasitas harddisk yang ingin kamu gunakan maka harga yang ditawarkan juga akan semakin mahal. Itu sebabnya penting untuk kamu memastikan seberapa besar kapasitas harddisk yang dibutuhkan serta harus memilih dari merk – merk yang sudah terjamin kualitasnya. Sebab memilih harddisk secara asal akan sangat beresiko pada hilangnya data – data penting yang kamu punya.

  1. Sistem Operasi

Nah, hal selanjutnya yang pasti akan membuat kamu bingung dalam membeli sebuah komputer adalah memilih sistem operasi apa yang akan kamu gunakan. Menentukan pilihan sistem operasi pada komputer memang membutuhkan pertimbangan yang cukup matang. Baik itu Windows, MAC, atau Linux ketiganya memiliki fungsi dan harga yang berbeda.

Umumnya sistem operasi MAC digunakan oleh orang – orang yang memiliki pekerjaan dan hobi di bidang desain. MAC yang merupakan buatan Apple memiliki kelebihan dibidang RAM yang besar untuk mengolah gambar. Namun sistem operasi windows juga tidak kalah dengan kualitasnya, sebab windows juga memiliki harga yang lebih terjangkau dan diminati oleh banyak orang. Jadi kamu harus pastikan memilih sistem operasi yang sesuai kebutuhanmu ya, guys!

  1. Tentukan Budget yang Sesuai

Hal terpenting lainnya yang harus kamu perhatikan sebelum menentukan merek komputer apa saja yang ingin kamu beli adalah tentukan budget yang sesuai terlebih dulu. Jika kamu sudah memiliki budget yang pas maka kamu persoalan memilih jenis dan merk komputer akan jauh lebih mudah, bukan?

  1. Merk

Setiap barang – barang elektronik yang dijual di pasaran pasti memiliki merek yang berbeda, termasuk komputer. Masing – masing setiap merk komputer pasti memiliki keunggulan, kekurangan dan harga yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus pikirkan dengan cermat merk mana yang akan kamu beli agar tidak menyesal nantinya. Ada baiknya kamu melakukan research terlebih dulu untuk mengetahui merk dan jenis komputer apa saja yang memiliki spesifikasi yang bagus. Nggak cuma itu saja, kamu juga perlu menanyakan kepada orang – orang terdekatmu yang lebih paham tentang komputer.

  1. Peralatan pendukung

Ketika ingin membeli komputer kamu juga harus mempertimbangkan aksesoris atau alat apa saja yang kamu butuhkan untuk bisa menunjang pekerjaan. Biasanya jika kamu ingin membeli komputer baru, peralatan pendukungnya harus dibeli secara terpisah. Berbeda jika kamu ingin membeli komputer bekas yang mungkin ada beberapa aksesoris tambahan yang diikut sertakan.

Untuk itu kamu harus bisa memastikan peralatan tambahan seperti mouse bluetooth atau mouse usb, printer, scanner dan speaker yang bisa mendukung komputermu. Terkadang ada beberapa tipe peralatan komputer yang memang tidak bisa mendukung beberapa jenis komputer. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tanyakan terlebih dulu pada orang yang lebih mengerti apakah komputer yang telah dibeli dapat mendukung peralatan tambahan yang diinginkan.

  1. Garansi Terpercaya

Nah, hal terakhir yang harus kamu perhatikan sebelum membeli komputer adalah mencari komputer dengan garansi yang terpercaya! Sebab sekarang banyak beberapa toko yang tidak mau bertanggung jawab dan memberikan garansi dengan jangka waktu yang tidak lama. Jadi, kamu harus lebih teliti ketika ingin membeli komputer. Ingat, jangan ragu untuk menanyakan jika komputer yang ingin dibeli memiliki garansi dengan jangka waktu lama atau tidak?

Itu dia 8 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli komputer agar kamu mendapatkan komputer dengan kualitas terbaik dan harga yang sesuai budget. Dengan menerapkan 8 tips di atas, kamu pasti bisa mendapatkan komputer yang sesuai dengan keinginanmu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*