Banyak yang Menerka Lokasi KKN Desa Penari, Penulis SimpleMan Sebut Ada Tebakan yang Benar

Cerita horor kisah nyata berjudul 'KKN Desa Penari' belakangan ramai diperbincangkan. Kisah ini pertama kali dibagikan oleh pemilik akun Twitter @SimpleM81378523 atau SimpleMan. Kisah KKN Desa Penari ini menjadi viral dan diperbincangkan wargenet hingga trending di Twitter.

Bahkan komika sekaligus YouTuber Raditya Dika yang memiliki kanal 'Paranormal Experience' pun mengangkat kisah ini dalam kontennya. Dalam penyampaian kisah 'KKN Desa Penari' ini, penulis menyamarkan segala identitas. Mulai dari para nama pelaku, lokasi, hingga universitas yang melaukan KKN di desa tersebut.

Hal itu dilakukan oleh penulis demi menjaga amanat yang diberikan oleh pamilik cerita padanya. Sebab, kasus yang terjadi pada tahun 2009 itu sangat ditutup rapat oleh semua pihak yang terlibat. Berkat amanat itulah, SimpleMan mendapat izin untuk membagikan kisah itu.

Penulis dan pemilik cerita sepakat untuk membagikan kisah itu sebab ada nilai moral yang bisa diambil oleh pembaca. Dalam thread atau utas KKN Desa Penari itu pun, penulis telah memberikan peringatan kepada pembaca. Bahwa siapapun yang memiliki gambaran mengenai lokasi KKN Desa Penari diminta untuk tetap merahasiakannya.

Namun, peringatan itu tak diindahkan oleh warganet. Banyak warganet yang membalas utas tersebut dengan menduga dan menerka nama kota, desa hingga hutan yang telah disamarkan oleh penulis. Bahkan, sejak kisah KKN Desa Penari viral, banyak bermunculan konten di media sosial yang berusaha untuk menelusuri dan mengunjungi hutan yang diduga sebagai lokasi dalam cerita.

Menanggapi ramainya spekulasi warganet, Raditya Dika pun meminta klarifikasi dari sang penulis. Dalam klarifikasi itu, Raditya Dika mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemilik akun SimpleMan. Satu dari beberapa pertanyaan tersebut menyinggung tentang berbagai spekulasi dan usaha penelusuran warganet terhadap lokasi KKN Desa Penari.

Raditya Dika meminta tanggapan penulis tentang banyaknya tebakan yang dilontarkan warganet. Salah satu spekulasi yang banyak dipercaya oleh warganet adalah Rowo Bayu. Sebuah kanal YouTube bernama Mirror Genk melakukan penelusuran terhadap Rowo Bayu yang mereka percayai sebagai lokasi KKN Desa Penari.

Video yang diunggah oleh Mirror Genk pada Rabu (28/8/2019) itu telah dilihat sebanyak lebih dari 26 ribu kali. Dalam video tersebut, terdapat 3 orang pria yang berusaha menganalisis lokasi yang dikaitkan dengan kisah KKN Desa Penari. Raditra Dika pun meminta tanggapan SimpleMan soal banyaknya konten yang berusaha untuk menganalisis lokasi KKN Desa Penari.

"Ada video yang di upload di Youtube tentang investigasi lokasi Desa Penari ke daerah Rowo Bayu, bagaimana tanggapan dari SimpleMan?" tanya Raditya Dika dalam unggahan Youtube nya Jumat (30/8/2019). SimpleMan pun menjawab melalui pesan suara atau voice note. Mulanya Raditya Dika memintanya untuk berkolaborasi di video YouTibe, tapi SimpleMan menolak.

"Ini saya mengklarifikasi juga, melihat banyak sekali komentar dan beberapa orang yang membuat video penjelajahannya ke lokasi Desa Penari yang diduga berada di Rowo Bayu," kata SimpleMan. "Saya tegaskan bahwa kejadian ini tidak ada hubungannya sama Rowo Bayu," jawab SimpleMan. Kemudian, SimleMan mengimbau para pembaca kisahnya untuk tak berusaha mencari lokasi Desa Penari yang sesungguhnya.

"Jadi, untuk teman teman, dimintya kebijaksanaannya Ada yang harus saya jaga, salah satunya adalah amanat," imbaunya. SimpleMan pun berharap klarifikasi yang ia buat di kanal Raditya Dika itu dapat mengehentikan warganet mengaitkan Rowo Bayu dalam kisah KKN Desa Penari. Raditya Dika kemudian mempertanyakan adakah tebakan warganet yang benar terkait lokasi KKN Desa Penari.

SimpleMan pun menjawab pertanyaan itu dengan singkat tanpa ada penjelasan lanjutan. "Dan bila ada pertanyaan, apakah ada tebakan yang benar, saya cuma akan menjawab 'ada'. Tapi, saya tidak akan mengatakan hal ini lebih jauh lagi. Kisah KKN Desa Penari pertama kali dibuat oleh pemilik akun Twitter SimpleMan pada 24 Juni 2019 dalam bentuk thread atau utas.

Thread itu berisi pengalaman mistis yang sarat akan keganjilan dan kengerian terjadi pada sebuah tim KKN pada tahun 2009. Dalam kisah tersebut terdapat 6 tokoh, yang dalam kejadian nyata sebenarnya berjumlah 14 orang. Mereka mengalami banyak kisah mistis, dua di antara peserta KKN mengalami kutukan berujung maut akibat melanggar norma.

Dalam kisah tersebut, terdapat nilai dan pesan moral yang dapat diambil bahwa di manapun berada, sebagai manusia beradab, kita harus selalu menjunjung tinggi tata krama dan norma yang berlaku.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*