Bersama Krisdayanti Dilantik Sebagai Anggota DPR, Ini Penyebab Mulan Jameela Dikritik ‘Berantakan’

Pelantikan 'bidadari bidadari Senayan' di Gedung Parlemen DPR RI Jakarta, 1 Oktober 2019, ada Krisdayanti, Rike Diah Pitaloka, Arzetti Bilbina Huzaimi, Nurul Arifin, dengan semarak busana anggun. Mengapa penampilan Mulan Jameela yang kena kritik bahkan dianggap 'berantakan?' Apa yang salah? Pelantikan anggota DPR RI periode 2019 2024 memang lebih banyak tersorot ke sosok sosok pesona wanita wakil rakyat.

Ada Hillary Brigitta Lasut, anggota DPR termuda dari Partai Nasdem. Juga, sejumlah artis tanah air berhasil melenggang ke Senayan menjadi wakil rakyat. Penampilan sejumlah artis saat dilantik jadi anggota DPR RI pada Selasa (1/10/2019) juga menjadi sorotan publik.

Sekilas, busana para artis tampak mewah dan gemerlap. Ada Krisdayanti, model senior Arzetti Bilbina Huzaimi, Nurul Arifin, Rike Diah Pitaloka, lantas kenapa Mulan Jameela yang kena kritik? Pengamat busana Indonesia bahkan mengkritik penampilan Mulan Jameela.

Itu terjadi saat sebanyak 575 anggota DPR RI diambil sumpahnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta dalam sidang paripurna pengucapan sumpah janji Selasa 1 Oktober 2019. Dari ratusan wakil rakyat tersebut, sejumlah artis juga berhasil duduk di kursi Senayan. Mereka di antaranya adalah KD, Mulan Jameela, Arzeti Bilbina, Rieke Diah Pitaloka, Eko Patrio, Primus Yustisio, dan Tommy Kurniawan.

Menjadi wakil rakyat dari kalangan artis, penampilan mereka pun juga tak jauh perhatian publik. Mulan Jameela misalnya. Ia tampil dengan mengenakan baju suku bugis bernama Bodo.

Pakaian berwarna kuning keemasan tersebut dirancang oleh desainer tanah air Didiet Maulana. Sementara Krisdayanti tampil anggun dengan pakaian adat Jawa. KD mengenakan kebaya warna merah dengan sanggulnya yang sederhana.

Penampilan para artis yang kini jadi wakil rakyat tersebut juga mendapat perhatian dari pengamat busana Indonesia Caren Delano. Rike Diah Pitaloka untuk ketiga kalinya dilantik jadi anggota DPR dari PDI Perjuangan. Identik dengan warna merah khas PDI Perjuangan, si Oneng di Serial Bajaj Bajuri itu memilih busana warna merah hati, pas dengan posturnya yang ramping dan kulit putih.

Krisdayanti tampil dengan kebaya kutu baru warna merah. Apabila ia biasa tampil glamour saat di atas panggung, kali ini KD tampil dengan cukup sederhana. Kebaya merah yang digunakannya merupakan rancangan desainer ternama Indonesia Anne Avantie.

Sementara polesan rias di wajahnya merupakan hasil tangan MUA Bubah Alfian. Saat diwawancara Caren Delano, KD mengaku penampilannya kali ini menjadi representasi wanita Indonesia. Sementara warna merah yang digunakan merupakan simbol dari partai pengusungnya PDI P.

"Sangat representatif wanita indonesia, dan sebagai kader pdip kita tahu bahwa warna merah melambangkan keberanian, kekuatan, permberdayaan perempuan," katanya. Penampilan KD ini dinilai Caren Delano menjadi penampilan terbaik dalam pengambilan sumpah anggota DPR RI. Menurutnya, penampilan KD secara keseluruh sesuai pakem dan pas.

Penampilan KD ini pun juga dinilai 100 oleh Caren. Artis cantik Arzeti Bilbina merupakan wakil dari fraksi PKB. Caren Delano pun menyukai penampilan Arzeti dalam sidang paripurna kali ini.

Arzeti tampil mengenakan kebaya kutu baru warna dusty pink lengkap dengan selendang warna hijau. Menurut Caren, Arzeti mampu menyajikan penampilan yang serba pas. Warna yang dipilih oleh Arzeti juga dinilai pas untuk dikenakan.

"Tampilannya tetap wanita Indonesia meski berhijab. Semua potongannya pas," kata Caren. Melihat penampilan Mulan Jameela, Caren Delano mengaku tak begitu menyukai. Menurutnya, masih ada pilihan lain yang bisa digunakan oleh istri Ahmad Dhani tersebut.

"Ada yang mengatakan cara berpakaian Mulan Jameela adalah syari, tapi menurut saya tidak terlalu syari di sini," kata Caren. Namun, diakui Caren potongan yang begitu besar tampak menutup secara keseluruhan. Penampilan Mulan dinilai terlalu berlebihan.

"Terlalu banyak aplikasi," tambahnya. Mulai dari bunga, payet, broklat, bahkan kain yang digunakan pun tidak begitu terlihat. "Cara memakai hijabnya juga menurut saya agak sedikit berantakan," katanya.

Eko Patrio kembali menduduki Senayan fraksi PAN. Ia maju di Dapil DKI Jakarta I dengan peroleh suara 104.564 dalam Pemilu 2019. Pengamat busan Caren Delano menilai penampilan Eko yang klasik tak pernah salah.

"Selalu klasik ya, tidak ada yang salah denga jasnya, celananya, dan ini adalah gaya pria pada umumnya," kata Caren. Caren Delano mengaku hampir tak mengenali penampilan Tommy Kurniawan kali ini. Tommy Kurniawan melenggang ke Senayan lewat Partai Kebangkitan Bangsa di Dapil Jawa Barat V.

Artis tampan tersebut memang tampil beda dengan kaca mata yang dipakainya. "Mungkin mau mengubah image," seloroh Caren. Namun, Caren menilai busana yang dikenakan Tommy sudah sangat pas.

Mulai dari potongan jas maupun dasi yang dikenakan. Penampilan Primus Yustisio menjadi cerminan anak muda dimata Caren Delano. Pria yang diusung oleh Partai Amanat Nasional ini dinilai Caren mirip seperti Brad Pitt.

Satu yang paling menjadi perhatian adalah sepatu yang dikenakan Primus. "Dari semua laki laki beliau paling stylish," kata Caren. Caren Delano memuji penampilan Ibas Yudhoyono dalam pelantikan kali ini.

Menurutnya, Ibas selalu tampil dengan potongan jas yang pas. "Mas ibas ini tau sekali bikin jas yang bagus dimana," ujarnya diiringi tawa. Caren bahkan bisa melihat bahan jas yang dipakai Ibas adalah bahan yang mahal.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*