Bingung Cara Merawat Wireless Charging? Intip Yuk, Tipsnya di Sini!

Sama seperti pengisian daya pada umumnya, wireless charger juga perlu mendapatkan perawatan khusus agar tahan lama. Meski dilihat sebelah mata, tentu saja keberadaan charger ini begitu penting untuk pengguna smartphone yang sangat aktif. Bisa dibayangkan jika baru saja kamu membeli wireless charger kemudian rusak dengan mudah akibat kecerobohan kamu sendiri, pasti kamu akan merasa kesal, bukan?

Nah, kali ini kami akan membahas beberapa cara untuk merawat wireless charger dengan baik agar tahan lama. Yuk langsung simak saja!

 

  • Tambahkan pelindung pada kabel

Langkah pertama kamu bisa melakukan pencegahan kerusakan pada charger wireless kamu dengan menambahkan perlindungan pada kabel. Kabel charger yang mempunyai ukuran panjang pastinya membutuhkan kesabaran untuk menggunakan pelindung kabel ini. Tapi, tenang saja usaha kamu tidak akan sia-sia. Pelindung kabel bisa melindungi seluruh kabel kamu serta menghindari terjadinya lilitan yang bisa merusak kabel kamu. Benda ini juga akan mencegah kotoran dan debu yang bisa menempel dengan mudah sehingga akan mengurangi ketahanan kabel kamu.

 

  • Lepaskan dari stop kontak setelah digunakan

Siapa yang suka membiarkan charger tetap di stop kontak meski sudah selesai digunakan? mulai sekarang kamu harus meninggalkan kebiasan ini. pasalnya, charger wireless yang masih di stop kontak tetap akan menyalurkan listrik. Cara ini bisa membantu agar tahan lama serta menghemat listrik.

 

  • Gulung dengan rapi

Setelah melepas charger dari stop kontak, kamu perlu menggulungnya dengan rapi sebelum di simpan. Langkah ini akan mencegah kabel kamu terlilit sehingga membuat komponen didalamnya akan mudah rusak. Saat menggulungnya kamu tidak boleh sembarangan menggulung saja. Pastikan untuk tidak mengikat kabel dengan kencang. Pasalnya hal ini akan merusak semua komponen kabel sehingga membuat kehilangan fungsi kerja kabel.

 

  • Simpan ditempat nyaman

Nah, bagi kamu yang biasa meletakan kabel sembarangan, sebaiknya pindahkan charger kamu di tempat yang nyaman. Hal ini harus diperhatikan agar kabel kamu tidak tertindih benda yang berat sehingga membuatnya menjadi cepat rusak. Saat bepergian juga sebaiknya kamu sering membawa charger ini, kamu harus menyimpannya dengan rapi agar charger ini semakin mudah untuk digunakan. jadi tidak ada lagi yang namanya charger rusak atau hilang entah kemana.

 

  • Gunakan dengan begitu hati-hati

Sering kali kita mencabut charger dengan mantik tali dari stop kontak. Padahal cari ini akan merusak komponen yang ada di dalam charger serta tidak berfungsi lagi dengan baik. Untuk itu, biasakan melepas kabel dengan menarik kepala chargernya. Hal ini akan mencegah terjadinya arus pendek yang bisa membuat kamu kena setrum. Menggunakan charger dengan hati-hati akan menghindari kamu dari kerusakan. Pastikan kamu menggunakannya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Bagaimana dengan perawatan charger wireless yang sudah kamu lakukan? Semoga pembahasan di dalam artikel ini bermanfaat ya!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*