Jangan Pesimis Dulu, Begini Cara Dapatkan Kuliah Gratis dengan Beasiswa

Setiap siswa – dan orang tua – bermimpi mendapatkan beasiswa untuk kuliah. Namun, kita semua tahu bahwa beasiswa ini tidak jatuh begitu saja ke pangkuan kita. Untuk memenangkan beasiswa kamu harus mencarinya; tetapi mencari dan menemukan beasiswa hanyalah bagian dari proses. Jika kamu tidak lolos beasiswa, kamu tidak akan mendapatkan kuliah.

Setiap beasiswa membutuhkan langkah-langkah untuk sampai ke titik ketika kamu mengirimkannya. Itu membutuhkan metode organisasi yang kuat, sedikit menggali pekerjaan, dan komitmen waktu. Setelah kamu menemukan beasiswa cocok dengan kriteria kamu, jangan senang dulu, kamu harus mengikuti lima langkah ini untuk memastikan bahwa kamu memiliki peluang besar untuk lolos.

 

  1. Dapatkan surat rekomendasi yang luar biasa

Pilih orang untuk menulis surat-surat ini dengan bijak. Kamu ingin surat-surat ini berasal dari orang-orang yang paling mengenal kamu. Bertanya kepada guru atau penasihat sekolah yang tidak tahu kamu hanya akan menghasilkan surat formulir. Setelah kamu memilih orang-orang terbaik, bantu mereka dengan memberikan resume kamu. Juga, berikan penulis dengan nama beasiswa yang Kamu lamar, tanggal jatuh tempo, dan sinopsis singkat dari fokus beasiswa. Dengan melakukan ini, para penulis akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dicari oleh para hakim beasiswa dan akan menulis surat yang akan secara khusus disesuaikan dengan beasiswa itu.

 

  1. Lakukan penelitian tentang beasiswa itu sendiri

Banyak organisasi beasiswa memposting pengiriman pemenang sebelumnya secara online. Ini akan memberi tahu apa yang dicari oleh tim penilai. Teliti organisasi yang menawarkan beasiswa dan gunakan informasi itu saat menulis esai. Seorang juri beasiswa akan memandang positif pelamar yang meluangkan waktu untuk belajar tentang organisasi atau perusahaan yang menawarkan uang.

 

  1. Tulis esai yang mudah diingat

Hal pertama yang pertama: Perhatikan detailnya. Jumlah kata, topik, ejaan, tata bahasa, dan tanda baca adalah penting. Kesalahan akan membuat juri menolak aplikasi kamu. Selanjutnya, buat esai pribadi dan berkesan. Juri beasiswa ini membaca ratusan dan seringkali ribuan esai. Jika kamu menonjol, membuat kesan, dan membuat mereka tertawa, menangis, atau merasa terinspirasi, peluang kamu untuk menang semakin meningkat.

 

  1. Pamerkan penghargaanmu

Komite beasiswa sedang mencari siswa yang berpengetahuan luas. Beberapa beasiswa memerlukan informasi tentang kegiatan sekolah, posisi kepemimpinan, dan penghargaan serta penghargaan. Jika diizinkan, sertakan salinan penghargaan atau penghargaan apa pun sebagai tambahan pada aplikasi. Tapi, baca peraturan beasiswa dahulu dan jika mereka secara khusus mencatat bahwa kamu tidak harus memasukkan bagian ini, tidak usah.

 

  1. Fokus pada presentasi

Kesan pertama adalah kunci saat mengirimkan aplikasi yang menang. Kerapian penting. Baca instruksi beasiswa dan pastikan kamu memberikan semua item yang diperlukan sesuai urutan permintaannya.

Setelah aplikasi selesai, sajikan dengan cara yang paling menarik. Tambahkan nama, alamat, email, dan nomor teleponmu di bagian atas setiap halaman jika memang dipisah selama proses penjurian. Gunakan kertas berkualitas tinggi dan font yang bisa dibaca. Jika aplikasi dikirimkan, beli amplop yang bagus dan cetak label pengembalian beserta alamat suratnya. Hakim beasiswa mengatakan bahwa kesan pertama ini sering memisahkan para pesaing dari mereka yang jelas-jelas tidak meluangkan waktu untuk mempersiapkan secara memadai dan dapat dihilangkan.

Sebagian beasiswa menerapkan presentasi dengan bahasa inggris menjadi nilai tambah. Kamu bisa memanfaatkan kursus bahasa inggris online gratis bersertifikat selama masa persiapan. Mengikuti les bahasa inggris akan membiasakan kamu dengan tata bahasa, tulisan dan pelafalan dalam bahasa inggris dengan bantuan tutor. Selain dapat bertanya pada native speaker, kamu juga akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian.  

Mencari uang untuk kuliah membutuhkan komitmen waktu dan ketekunan saat mencari dan melamar. Ada banyak siswa yang mengajukan beasiswa dan jika kamu dapat membedakan diri kamu, peluangmu lebih besar. Semangat!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*