Kenali 5 Cara Memilih Software Payroll Gratis Dukung Produktivitas Kerja

Software payroll merupakan perangkat lunak komputer yang membantu mengurus upah karyawan, data karyawan dan data lain yang  berkaitan. Software ini biasanya digunakan suatu perusahaan dengan jumlah karyawan banyak dan sistem kerja yang telah diatur. Agar mudah dalam menggunakannya, berikut akan disajikan cara memilih software payroll gratis!

  1. Memastikan Software Memiliki Fitur Lengkap

Cara ini tidak hanya digunakan untuk software yang berbayar. Kelengkapan fitur perlu diperhatikan meskipun gratis. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengolah  data karyawan. Kelengkapan fitur yang dimaksud aadalah lengkap sesuai dengan yang  perusahaan butuhkan. Sehingga Anda tak perlu dua kali bekerja dalam mengolah satu data karyawan.

Software dengan fungsi utama mengatur gaji karyawan ini tentunya memiliki fitur untuk pengolahan data upah di dalamnya. Namun jangan hanya terpaku pada satu fitur tersebut. Karena software payroll kini  makin berkembang dengan menambahkan kelengkapan fitur selain fitur gaji yaitu BPJS, pajak, bahkan terkait klain pembagian gaji karyawan otomatis.

  1. Drive Penyimpanan Data Terbukti Aman

Meskipun termasuk software pengolahan gaji, namun di dalamnya berisi data lengkap karyawan seperti alamat, nomor hp yang  bisa dihubungi, dan lainnya. Maka sebelum menggunakan, pastikan jika software tersebut aman untuk data karyawan. Aman yang  dimaksud adalah dapat dipastikan jika data dari karyawan tidak akan terbongkar atau bocor ke orang  yang salah.

Anda bisa memastikan melalui software yang memiliki server cloud yang sudah berstandar dan terbukti keamanannya. Hal ini sangat  penting dipahami, agar data yang  diunggah  ke software tersebut tidak terjadi kerusakan atau hilang. Karena akan percuma saja jika kelengkapan fitur yang  mumpuni namun tidak aman untuk data karyawan.

  1. Memilih Software dengan Kecepatan Tinggi dan Akurat

Banyaknya pengolahan data gaji karyawan yang tersedia secara gratis membuat kita harus lebih cemat termasuk masalah keakuratan dan kecepatan software. Jangan sampai karena masalah ini, produktivitas menjadi  terganggu bahkan tertunda. Pilih software yang tidak sering mengalami error bug, loading terlalu lama bahkan hasil data banyak yang invalid.

Anda bisa menguji keakuratan dan kecepatan dengan mencobanya merekap data di software tersebut. Unggah data ke software, kemudian olah dan lihat apakah software tersebut cepat dalam mengolah, ataukah sebaliknya. Selanjutnya perlu diperhatikan hasil rekapannya apakah sudah sesuai  atau sudah akurat ataukah  belum.

  1. Memiliki Tampilan yang Sederhana dan Mudah Digunakan

Poin ini juga berpengaruh dalam pengolahan data gaji karyawan. Anda dapat dengan mudah dan pekerjaan semakin cepat jika tampilan desain software memiliki tampilan yang sederhana. Tampilan yang rumit atau complicated, akan membuat Anda sudah kebingungan terlebih dahulu hanya dengan melihat tampilannya saja. Pilih tampilan yang nyaman di mata Anda.

Anda bisa mengecek apakah desain software merupakan tampilan yang sederhana dengan mengoperaasikannya. Anda bisa melakukan pengolahan data di software tersebut. Jika Anda bekerja lambat, karena harus memperhatikan secara detail, maka kemungkinan tampilan software memang rumit. Namun perlu diingat ada juga berasal dari diri masing-masing.

  1. Flexibility dan Memudahkan Update Data

Fleksibility software ini memudahkan perusahaan jika memiliki dan memperbaharui  sistem penggajian yang baru. Jadi, software dapat diubah sesuai kebutuhan dari perusahaan. Hal ini akan memudahkan kinerja perusahaan karena tak pelu lagi mengganti software dengan sistem yang bisa mengikuti aturan perusahaan. Tak perlu belajar dari awal terkait pengoperasiannya.

Cara-cara memilih  payroll outsourcing  telah disebutkan. Masih banyak lagi hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih. Cara lain yaitu software mudah diakses dan praktis, sesuai atau komatibel dengan device milik perusahaan, software yang dipilih telah terpercaya dan banyak digunakan, serta memiliki supporting system secara total.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*