Kriteria Utama Bank Syariah di Indonesia yang Aman

Salah satu cara untuk menyimpan uang adalah menabung di bank. Anda bisa memilih ingin membuka rekening tabungan di bank konvensional atau syariah. Berikut ini kriteria utama bank syariah di Indonesia yang aman untuk dijadikan pilihan.

  1. Prinsip Bagi Hasil

Bank ini menggunakan prinsip syariah yang tidak mengenal sistem bunga dalam pelaksanaannya. Mengingat bunga merupakan salah satu riba. Prinsip yang digunakan adalah sistemnya bagi hasil secara transparan. Anda bisa mengetahui berapa pembagian setiap bulannya atau waktu tertentu.

Pembagian dilakukan dari keuntungan aset dan dana yang ada di bank. Kesepakatan bagi hasil ini sudah dilakukan sejak pertama kali akad disepakati. Anda akan mendapatkan penjelasan yang jelas dan mudah untuk dipahami.

  1. Pengelolaan Dana

Bank syariah yang aman melakukan pengelolaan dana sesuai dengan kesepakatan. Pengelolaannya dana dilakukan dengan sangat hati-hati dengan industri atau bisnis yang memang memenuhi kriteria syariah. Anda pun tidak akan ragu lagi adanya penipuan atau pun kerugian karena semua terpapar jelas.

  1. Manajemen Finansial Terpercaya

Bank syariah dengan kriteria aman memiliki manajemen finansial terpercaya aman. Sejauh ini belum ada perbankan syariah yang gulung tikar seperti bank konvensional. Bank syariah memiliki sistem yang kuat dijalankan jadi Anda tidak akan khawatir dengan berbagai produk keuangan syariah.

  1. Nasabah juga Mitra

Kriteria bank syariah nasabah juga merupakan mitra usaha. Jadi, pihak bank akan selalu bersinergi dengan nasabah untuk mendapatkan keuntungan bersama dengan bagi hasil yang sudah disepakati. Pelayanannya ke nasabah pun tidak kaku, sehingga jika ada permasalahan bisa ditemukan solusi bersama untuk mengatasinya.

  1. Angsuran Konsisten

Bank syariah dinyatakan aman dengan angsuran yang konsisten karena tidak adanya sistem bunga. Berbeda dengan bank konvensional yang bergantung pada ekstensi suku bunga. sehingga angsurannya  bisa berubah-ubah. Kriteria ini sangat membantu Anda karena jika memiliki kredit bisa membayar angsurannya dengan nominal yang sama tanpa adanya perubahan.

  1. Transparansi Sistem

Selanjutnya yang menjadi kriteria utama dari bank syariah adalah transparansi sistem yang jujur dan adil. Anda akan mendapatkan pelayanan yang bisa dipahami dengan mudah dan jelas. Anda selaku nasabah bisa mendapatkan laporan keuangan secara berkala jika bertindak sebagai investor.

Selain itu jika ada promosi produk maka pihak bank akan menyampaikan dengan detail. Misalnya saat ada promo untuk umroh atau haji kepada nasabah maka seluruh informasi dan ketentuannya disampaikan apa adanya tanpa ditutupi. Kriteria ini yang akan mencegah Anda mengalami kekecewaan.

  1. Akad Transaksi

Ada pula akad transaksi yang jelas mengikuti hukum islam sehingga barang dan jasa yang akan ditawarkan jelas dan statusnya tentu saja halal. Transaksinya pun sesuai dengan yang dipilih saat akad pertama kali. Anda akan menandatangani persetujuan beberapa akad yang dibutuhkan dengan jelas dan tertulis.

  1. Dewan Pengawas

Amannya bank syariah karena adanya dewan pengawas yang akan memantau kinerja pihak bank. Ada dari Bank Indonesia, BAPEPAM, dan Dewan Pengawas Syariah. Proses operasional yang dijalankan akan dipantau dan memberikan solusi yang jelas. Bagian pengawas pemegang sahamnya diangkat atas rekomendasi Majelis Ulama Indonesia yang tentunya terpercaya.

Anda yang akan menyimpan atau membuka rekening tabungan lebih direkomendasikan ke Bank Syariah di Indonesia, jika tidak ingin terlibat riba. Pilihan bank syariah yang aman bisa didapatkan informasinya di maybank.co.id yang akan menjelaskan segala ketentuannya. Anda bisa melakukan kunjungan ke website sekarang juga agar bisa segera membuka rekeningnya.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*