Mencegah Gejala Difteri agar Tak Timbul pada Anda

Difteri merupakan penyakit yang disebabkan bakteri, bila tidak terobati dapat menyebabkan terjadinya infeksi organ tubuh. Penyakit ini dapat muncul sewaktu-waktu. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gejala difteri agar tak timbul pada Anda. Berikut cara untuk mencegah penyakit tersebut:

  1. Hindari Kontak

Bila keluarga Anda ataupun lingungan di sekitar Anda terdapat orang yang menderita difteri, segera mungkin unutk menghindari kontak langsung dengannya. Hal tersebut dikarenakan bakteri penyebab difteri dapat menular dan mnyebar melalui udara.

Walapun penderita difteri tak dapat terlihat dengan menggunkan mata telanjang, namun petugas kesehatan harus melihat penderita difteri terutama pada tenggorokannya. Dalam tenggorokan penderita difteri tersebut biasanya terdapat selaput khas yang sangat kotor sebagai pertanda dari penyakit difteri menyerang orang tersebut.

  1. Gunakan Masker

Biasanya penyakit datang dengan cepat pada saat musim hujan, tak terkecuali dengan difteri. Penderita difteri ataupun masyarakat umum sebaiknya raji dalam menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, karena di sekitar Anda di ada yang tahu apakah terjangkit difteri ataupun tidak.

Bila terdapat sanak saudara maupun kerabat Anda yang menderita difteri dan sedang dirawat di rumah sakit, sebaiknya Anda pada saat menjenguknya menggunkan masker sebagai perlindungan. Hal tersebut digunakan untuk mencegah penularan bakteri difteri dari pasien penderita difteri kepada Anda atau orang-orang yang menjenguknya.

  1. Pola Hidup Bersih dan Sehat

Salah satu cara yang mudah untuk menghindari dari gejala difteri yang muncul adalah dengan menerpakan pola hidup yang bersih dan sehat. Cara yang dapat dilakukan oleh Anda adalah dengan memastikan bahwa lingkungan Anda bersih dan rajinlah untuk memncuci tangan setelah beraktivitas.

Budaya untuk mencuci tangan tersebut dapat dijadikan cara untuk mencegah penularan bakteri difteri, sebab Anda bahkan orang-orang tidak ada yang tahu letak dari bakteri tersebut berada. Cuci tangan ini sebaiknya Anda lakukan juga selepas menjenguk kerabat maupun keluarga Anda yang telah terinfeksi oleh bakteri difteri ini.

  1. Antibiotik

Bila terdapat keluarga maupun kerabat Andara yang memiliki gejala penyakit difteri, maka segera berilah keluarga maupun kerabat Anda tersebut dengan antibiotik, serum dan lainnya. Hal ini dimaksudkan untukpenderita tersebut cepat sembuh dari difteri dan tidak menulari orang-orang yang berada di sekitarnya.

  1. Imunisasi

Bila Anda telah mempunyai anak, maka periksalah status imunisasi rutin pada anak Anda apakah sudah lengkap. Jika imunisasi yang diberikan tersebut dirasa belum lengkap, maka segeralah Anda untuk melengkapinya. Cara ini juga dapat dilakukan sebagai bagian untuk mendukung program pemerintah yakni pelaksaanan ORI.

ORI (Outbreak Response Immunizatio) merupakan program pemerintah yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan. Programnya yakni dengan imunisasi untuk pencegahan penyakit difteri pada anak-anak yang berusia sasaran 1 tahun hingga 19 tahun.

Ikatan Dokter Indonesia memberikan saran untuk imunisasi difteri pada usia kurang dari 1 yang harus mendapatkan sebanyak 3 kali imunisasi difteri. Sedangkan untuk anak usia 1 hingga 5 tahun mendapatkan ulangan imunisasi sebanyak 2 kali. Siswa yang berada pada kelas 1, 2, 3 dan 5  harus mendapatkan imunisasi difteri, tak terkecuali juga untuk dewasa.

Keberhasilan dalam mencegah penyakit difteri dengan cara imunisasi sangat ditentukan oleh cakupan imunisasi itu sendiri yakni sebesar 95%. Jadi bagi Anda yang mempunyai anak, agar secara berkala untuk mendapatkan imunisasi dari berbagai macam penyakit, salah satunya adalah difteri.

Pencegahan terhadap gejala difteri ini sangatlah penting. Jika keluarga Anda terserang difteri ini dan Anda berkontak langsung dengannya, tidak kemungkinan Anda juga tertular dari penyakit difteri ini. Jadi, mulailah untuk hidup sehat dari sekarang.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*