Perawatan Demam Berdarah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Apakah Anda sempat mengalami demam yang tak kunjung mereda hingga 3 hari? Di hari ke-4, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda tersebut ke pusat kesehatan terdekat. Biasanya demam yang sudah memasuki hari ke-4 atau ke-5 akan langsung diminta dilakukan cek laboratorium sebagai bentuk pencegahan gangguan kesehatan serius seperti Demam Berdarah. Dengan demikian pengobatan demam berdarah atau penyakit lain dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Bagaimana Merawat Pasien Demam Berdarah di Rumah?

Ketika hasil tes darah di laboratorium dianalisa oleh dokter, umumnya kondisi pasien akan dikategorikan dalam 3 tingkatan, antara lain:

  • Stadium 1 dimana infeksi virus terjadi dalam derajat pendarahan yang terlihat positif ketika dilakukan uji tourniquet. Pada kondisi ini ditandai adanya pendarahan tiba-tiba (bintik merah dan mimisan).
  • Stadium 2 dengan pertanda syok berupa kondisi suhu tubuh dingin di tangan dan kaki, disertai nadi yang cepat namun tapi lemah dan tingkat kesadaran pasien mulai menurun.
  • Stadium 3 atau disebut dengan Dengue Shock Syndrome (DSS) disertai tanda kesadaran yang semakin menurun hingga mengalami koma dengan denyut nadi yang sangat lemah nyaris tak dapat diketahui dengan cara diraba bahkan tekanan nadi tak dapat diukur.

Ketika Anda menyadari kondisi pasien tepat waktu, maka peluang Anda untuk melakukan perawatan di rumah akan lebih besar. Perawatan penderita Demam Berdarah ini hanya bisa dilakukan jika status masih belum memasuki stadium 1 dan kondisi pasien cukup baik. Jika sudah berada di stadium 1, atau kondisi pasien tidak memungkinkan, sebaiknya perawatan dilakukan di rumah sakit.

Jika DB masih ada di fase awal, banyak yang menyebut bahwa perawatan bisa dilakukan di rumah namun tentunya dengan teknik yang tepat.  Nah, perawatan yang bisa dilakukan sebelum demam berdarah memasuki stadium 1 adalah dengan 

  •         Memastikan pasien mendapatkan istirahat cukup dan menghindarkannya dari berbagai aktifitas berat
  •         Memberikan obat-obatan parasetamol dan acetaminophen sesuai dosis untuk mengurangi demam maupun rasa nyeri
  •         Memberikan minum air mineral dalam jumlah yang cukup untuk menghindari terjadinya dehidrasi, karena suhu tubuh tinggi dan muntah
  •         Dokter biasanya akan melarang pemberian obatan-obatan dengan kandungan ibuprofen, naproxen sodium ataupun aspirin. Seperti yang diketahui obat-obatan ini biasanya digunakan untuk meredakan nyeri oleh sinusitis yang dipicu rhinitis alergi, misalnya. Obat-obatan ini justru dapat memicu pendarahan dalam.

Perawatan di rumah hanya mungkin dilakukan jika Anda bisa mDB sedini mungkin. Maka dari itu, jangan ragu untuk memeriksakan demam yang tak kunjung mereda setelah memasuki hari yang keempat.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*