Sering Alami Kontraksi Palsu? Inilah Cara Mengatasinya

Kontraksi menjadi tanda umum yang sering dirasakan oleh wanita hamil, terutama jika sudah mendekati tanggal persalinan. Bukan hanya kontraksi asli, seringkali wanita juga sering mengalami kontraksi palsu yang cukup sulit untuk dibedakan. Apapun itu, terjadinya kontraksi ini akan mengganggu aktivitas wanita hamil.

Beberapa wanita mungkin masih aktif bekerja dan beraktivitas meskipun sedang hamil. Apabila kontraksi datang, terlebih yang disertai rasa sakit yang sangat maka aktivitas kita akan terhenti dan akhirnya mengganggu. Untuk itu, kita harus tahu bagaimana cara mengatasinya agar tidak begitu mengganggu.

  1. Ubah posisi

Jika Anad mulai merasakan kontraksi, segera ubah posisi Anda karena kontraksi ini bisa saja terjadi karena kram tidak berubah posisi beberapa saat. Jika Anda sedang duduk, cobalah untuk berbaring atau berdiri.

Anda juga bisa berjalan kaki sebentar untuk membuat peredaran darah menjadi lancar. Perpindahan gerakan ini haruslah dilakukan secara hati-hati dan perlahan, terlebih jika usia kandungan sudah tua. Dalam kondisi tertentu, Anda akan membutuhkan pegangan ketika berganti posisi, pastikan jika pegangan tersebut kuat.

  1. Relaksasi pernapasan

Relaksasi pernapasan sangat membantu para ibu hamil untuk membuat dirinya lebih tenang dan relaks. Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan ini hingga kontraksi sedikit mereda. Tidak perlu mengejan, tapi lakukan relaksasi pernapasan ini dengan tenang hingga kontraksi mereda dan akhirnya menghilang.

  1. Minum 1-2 gelas air putih

Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi kontraksi asli. Kontraksi akan mereda jika Anda minum 1-2 gelas air putih. Meskipun kondisi ini sering terjadi pada kontraksi asli, tapi dalam kondisi tertentu kontraksi palsu juga bisa diatasi dengan memenuhi cairan dalam tubuh.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga sering digunakan untuk mengatasi kontraksi yang terjadi. Diketahui jika mandi dengan air hangat mampu membuat tubuh lebih rileks. Setelah mandi, tubuh akan terasa lebih ringan dan nyaman sehingga kontraksi pun bisa mereda dan akhirnya hilang.

  1. Mendapatkan pijatan ringan

Jika terjadi kontraksi, tidak ada salahnya jika Anda meminta pasangan untuk memijat di bagian kaki, pundak, kepala atau mengusap punggung. Pemijatan secara lembut akan membuat tubuh terasa lebih rileks. Selain untuk mengatasi kontraksi, pemijatan ini juga menciptakan romansa Anda bersama sang suami sehingga lebih harmonis.

Berbagai kondisi tidak nyaman mungkin akan sering dialami oleh para ibu hamil. Tapi, yang paling penting adalah Anda harus tetap tenang dan memastikan jika kontraksi yang terjadi merupakan bukanlah kontraksi asli sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena hal ini biasa terjadi pada setiap ibu hamil.

Kontraksi palsu akan semakin sering terjadi ketika mendekati hari persalinan. Anda bisa melakukan salah satu atau beberapa cara di atas untuk mengatasinya dengan baik. Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi ketika hamil melalui berbagai kebutuhan yang disediakan oleh Orami.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*