Tips Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu

Lagu tidak hanya untuk menghibur namun juga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan bahasa inggris. Tidak ada yang tidak menyukai musik, karena sebagaimana yang kita tahu bahwa semua orang pasti menyukai lagu dan musik. 

Seringkali, ketika seseorang menyukai sesuatu, termasuk lagu, maka ia akan mudah belajar melalui lagu tersebut. Lalu, bagaimana caranya membuat peserta kursus dapat belajar melalui lagu? Untuk informasi lengkapnya, simak terus ulasan berikut tentang tips belajar melalui lagu.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat siswa dapat belajar melalui lagu. 

  1. Mintalah siswa untuk mendengar lagu hingga beberapa kali di dalam kelas. Lalu, ajaklah siswa menyanyi dengan lagu tersebut. Sehingga para siswa dapat bersama-sama belajar dengan lagu tersebut.
  2. Nyanyikan lagu tersebut, hingga para siswa dapat menghafalnya. 
  3. Jika siswa sudah dapat mengikuti irama lagu dan liriknya, dan juga menikmati musiknya, maka berikanlah script lagu kepada pasangan siswa. Satu script lagu diberikan untuk dua orang siswa.
  4. Di dalam script tersebut terdapat lirik lagu dengan beberapa kata yang sengaja dihilangkan. Lalu, mintalah pasangan siswa untuk melengkapi kata-kata yang kosong tersebut.
  5. Untuk menjawabnya, siswa dapat menebak dan juga mengartikan kata tersebut.

Lagu akan mempermudah siswa untuk mengingat kosakata. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini, keterampilan yang dipelajari adalah melatih kemampuan siswa dalam mendengarkan. Karena itu sangat baik juga jika siswa menghafal lagu bahasa inggris agar lebih mahir dalam pelafalan bahasa Inggris. 

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses pembelajaran dengan lagu, adalah sebagai berikut.

  1. Pilihlah lagu yang kata-katanya mudah untuk dihafal oleh siswa, yaitu lagu yang mengandung kata-kata sederhana. Anda bisa mencoba memberikan lagu Big Big World, karena lagu ini sangat mudah untuk diingat dengan lirik yang diulang-ulang dan pendek. Lagu-lagu yang memiliki lirik yang panjangdan kosakata yang complicated, akan membuat siswa kesulitan dalam mengingatnya.
  2. Ingatkan siswa untuk biasa menyanyi tanpa melihat lirik lagi. Ketika siswa sudah lancar menyanyikan lagu tersebut, maka mintalah siswa untuk tidak lagi melihat liriknya. Sehingga lirik lagu tersebut akan dihafal oleh siswa dengan sendirinya, tanpa melihat lirik. Namun siswa hanya mengandalkan pendengarannya untuk fokus dan memori sisa semata.

Demikian ulasan tentang tips-tips untuk dapat belajar bahasa Inggris melalui lagu. Semoga bermanfaat. 

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*