Tips Memilih Mini PC Intel agar Tak Salah Beli

Seiring berjalannya waktu, saat ini PC tak selalu hadir dalam bentuk books CPU yang besar saja. Bahkan sekarang ini Anda juga bisa membeli PC dalam bentuk mini yang tak hanya akan menghemat tempat saja. Namun juga akan memberikan manfaat yang lebih sebanding dengan performa PC desktop. Nah berikut merupakan beberapa tips memilih mini PC agar tak salah beli.

Mau Model BarebonesĀ atauĀ Ready to Go yang Anda Inginkan?

Secara umum PC dalam ukuran mini ini hadir dalam 2 model yaitu barebones dan ready to go. PC pada model barebones biasanya dilengkapi dengan motherboard, case, dan prosesor. Dalam artian ketika hendak membeli PC model yang satu ini tentu Anda harus membeli dan mengunduh hard drive dan RAM secara terpisah. Cukup merepotkan bukan?

Sementara untuk PC model ready to go, sudah dilengkapi dengan hard drive dan RAM. Jadi ketika membelinya Anda sudah langsung bisa menggunakannya. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan model mini PC sebelumnya. Nah bagi Anda yang ingin menggunakan perangkat PC yang fresh, maka Intel NUC5CPYH merupakan pilihan yang oke untuk Anda pilih.

Memakai RAM Laptop Bukan RAM Desktop

Sangat penting untuk Anda ketahui bahwa RAM yang digunakan pada PC berukuran mini bukanlah menggunakan RAM desktop melainkan RAM untuk laptop. Hal yang satu ini juga berlaku untuk PC mini Intel. Hal yang satu ini sangat penting untuk Anda ketahui agar tak menyesal nantinya jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan dna keinginan Anda.

Nah sebelum memutuskan untuk membeli PC mini ready to go yang sudah dilengkapi dengan hard ware dan RAM atau PC mini barebones yang sudah belum dilengkapi dengan RAM dan hard ware. Pastikan untuk memeriksa beberapa slot DIMM yang Anda miliki terlebih dahulu. Pasalnya pada umumnya PC mini in hanya dilengkapi dengan dua slot DIMM.

Tidak Ada Keyboard, Mouse dan Monitor

Sama halnya dengan PC mini lain pada umumnya, PC mini Intel juga dijual dengan bentuk CPU yang berukuran kecil. Jadi sudah barang pasti jika Anda tidak akan mendapatkan beberapa peralatan pendukung seperti keyboard, mouse, monitor, dan speaker. Jadi jika Anda memiliki peralatan tersebut di rumah, hanya tinggal Anda sambungkan saja ke PC mini Intel baru Anda.

Tak hanya itu saja, PC mini Intel pada umumnya juga dilengkapi dengan output mini HDMI yang akan membuat monitor Anda juga membutuhkan port HDMI. Selai itu, tanyakan juga apakah PC mini Intel yang akan Anda beli juga dibekali dengan kabel HDMI to HDMI atau tidak. Jika iya, maka Anda tidak harus membeli kabel itu sendiri secara terpisah.

Tak hanya itu saja, perlu untuk diingat juga bahwa PC mini Intel ini hanya mampu mendukung mouse dan keyboard yang menggunakan Bluetooth atau USB saja. Dengan artian maka Anda tidak bisa menghubungkan kedua perangkat tersebut dengan port PS/2.

Bagaimana dengan Hard Drive yang Digunakan?

Hal yang satu ini ternyata bergantung pada jenis PC mini apa yang akan Anda beli nantinya. Biasanya nantinya Anda bisa mengunduh hard drive M.2 solid state drive dan 2.5 SATA atau hanya jenis M2 saja. namun jika Anda tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang terlalu besar maka hard drive M.2 merupakan pilihan yang paling tepat karena performa cukup cepat.

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar PC mini Intel agar tak salah beli nantinya. Pastikan untuk memperhatikan poin di atas agar mendapatkan hasil yang sesuai. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan mini PC dengan berbagai model dan merek hanya di jakmall.com.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*