Tips Merawat Laptop Gaming dengan Mudah Biar Awet Bertahun-tahun

Akhir-akhir ini, industri gaming dan esport semakin mengembangkan sayapnya di Indonesa. Pasalnya, ada banyak produsen laptop yang mengeluarkan seri gaming dengan harga yang terjangkau, seperti Dell, Asus, Acer, HP, Lenovo, dan masih banyak lagi. Tidak seperti laptop biasanya, laptop gaming ini dibangun dengan spesifikasi yang tangguh dan komponen yang canggih. Tak heran jika performanya jauh lebih mumpuni dan cepat. 

Ya, meski laptop gaming mampu bekerja dengan baik, perangkat ini sama halnya dengan produk elektronik lainnya. Pengguna harus menjaga perawatannya supaya produk laptop yang dimiliknya bisa bertahan lama. Nah, untuk memudahkan perawatannya, berikut ini adalah beberapa tips merawat laptop gaming yang bisa Anda lakukan.

Gunakan Sistem Pendingin Tambahan

Setiap laptop pada umumnya telah dibekali dengan sistem pendingin yang akan mengomptimalkan kinerja ketika suhu mesin sudah panas. Namun, bukan berarti sistem pendingin berupa fan tersebut bisa bertahan sampai lam. Jika terus-terusan digunakan, lama-kelamaan laptop juga akan mudah panas. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kipas laptop gaming secara berkala. Apakah kisap tersebut masih berfungsi dengan nornal atau tidak. Selain kinerja, kebersihan kipas laptop juga harus dijaga. Suka tidak suka, kebersihan kisap laptop juga berpengaruh terhadap kinerja laptop gaming itu sendiri.

Menjaga kebersihan dan performa kipas itu penting, namun disarankan untuk menggunakan kipas tambahan atau eksternal. Semakin lama usia laptop, maka kipas bawaan juga tidak sebaik performanya saat pertama dibeli. Jadi, bantuan kipas eksternal sangat diperlukan.

Gunakan Laptop dengan Baik

Sadar atau tidak, cara seseorang menggunakan barang akan berpengaruh terhadap daya tahan barang itu sendiri. Dengan kata lain, faktor kerusakan benda salah satunya ada pada penggunanya. Apalagi jika benda tersebut berupa produk elektronik. Semakin baik seseorang menggunakannya, akan semakin awet pula umur produk elektronik tersebut.

Nah, untuk cara perawatan laptop gaming ini, sebaiknya hindari penggunaan yang jorok. Hindari menggunakannya di atas kasur. Sebab, akan menutup ventilasi udara sehingga laptop akan mudah panas. Selain itu, hindari memindah-mindahkan laptop yang menggunakan hardisk karena bisa mengakibatkan platter tergores. Satu lagi, usahakan untuk tidak menggunakan laptop selagi masih diisi baterainya karena bisa memperpendek umur baterai itu sendiri bahkan terjadi kebocoran.

Bersihkan Laptop Secara Berkala

Meski tips merawat laptop gaming ini terkesan sepele, kenyataannya banyak orang mengabaikan hal ini. Padahal kebersihan laptop sangat penting dan wajib untuk dijaga. Tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup servis berkala setiap satu tahun sekali maka laptop akan terjaga kebersihannya. Jangan hanya bagian luar saja, tapi juga komponen-komponen penting yang ada dibagian dalam. Pelapisan ulang prosesor, VGA, dan pengecekan software juga tidak kalah penting untuk dilakukan.

Port Thunderbolt 3 untuk Kebutuhan VGA Eksternal

Selain prosesor dan RAM, VGA juga menjadi salah satu komponen penting dalam laptop gaming. Bahkan, VGA juga menjadi penentuan apakah seseorang akan membeli laptop tersebut atau tidak. Ketahuilah, VGA ini tidak bisa diupgrade. Jadi, untuk mengantisipasi biar laptop gaming tersebut bisa update terus, gunakanlah port Thunderbolt  3 sehingga pengguna bisa menggunakan VGA eksternal sekaligus.

Port thunderbolt 3 ini juga bisa membantu seseorang melakukan upgrade VGA bawaan laptop dengan VGA desktop sehingga membantu performa lebih baik.

Nah, itulah beberapa cara merawat laptop gaming yang perlu diperhatikan. Setelah menerapkan tips merawat laptop gaming di atas, maka akan menambah usia dari perangkat elektronik Anda. Untuk informasi harga laptop gaming terbaik, jangan lupa kunjungi JD.ID ya!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*